Sekolah
: .......................
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /1 (satu)
Alokasi
waktu : 6 x 35 menit
(4 X pertemuan)
A. Standar
Kompetensi :
1. Memahami
dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah
B. Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi sifat-sifat
operasi hitung
C. Tujuan Pembelajaran**
§
Siswa dapat Mengetahui jenis
operasi hitung
§
Siswa dapat Memberikan contoh sehari-hari
yang berhubungan dengan operasi hitung
§
Siswa dapat Melakukan penjumlahan dan
perkalian dengan nol
§
Siswa dapat Melakukan perkalian
dengan satu
§
Siswa dapat Melakukan perkalian dua angka
dengan angka sebelas
§
Siswa dapat Melakukan penjumlahan dan
perkalian tiga bilangan berurutan
§
Siswa dapat Mengidentifikasi
sifat penyebaran dalam perhitungan
v
Karakter siswa yang diharapkan
: Disiplin
( Discipline ),Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan
Tanggung jawab ( responsibility )
D. Materi Ajar
Operasi Hitung Bilangan
E. Metode Pembelajaran
Games, Tanya Jawab, dan Latihan
F. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1
§
Kegiatan awal
-
Apresepsi/
Motivasi
-
Memberikan
games menarik untuk membangkitkan semangat belajar siswa.
§
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan permainan (games)
mengenai bilangan bulat, diskusi, memberi contoh besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan positif
dan negatif, serta menganalisis dan menyimpulkan jenis operasi hitung
F
Melakukan percobaan, diskusi
dan latihan dengan fasilitas soal-soal
F
memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi peserta didik
dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi peserta didik
untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Menyimpulkan materi dan
memberikan tugas rumah untuk memantapkan pemahaman siswa.
Pertemuan ke-2
§
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
-
Mengingatkan
kembali materi sebelumnya.
-
Melakukan
permainan (games) mengenai bilangan bulat.
§
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan
percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal untuk dapat
melakukan:
v
penjumlahan
dan perkalian dengan nol
v
perkalian
dengan satu
v
perkalian
dua angka dengan angka sebelas
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Menyimpulkan materi
F
Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi
yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Pertemuan ke-3
§
Kegiatan awal
-
Apresepsi/
Motivasi
-
Mendengarkan
ceritra lucu yang berkaitan dengan penjumlahan dan perkalian tiga bilangan.
§
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan percobaan, diskusi,
tanya jawab dan latihan dengan fasilitas
soal-soal untuk dapat melakukan penjumlahan dan perkalian tiga bilangan
berurutan
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Menyimpulkan materi
F
Mengevaluasi kegiatan
pembelajaran
F
Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi
yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Pertemuan ke-4
§
Kegiatan awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Mengingatkan
kembali tentang konsep bilangan bulat
dan contohnya.
§
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal untuk dapat
mengidentifikasi sifat penyebaran dalam perhitungan
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Menyimpulkan materi
F
Mengevaluasi kegiatan
pembelajaran
F
Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi
yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
G. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§
Buku Pelajaran Matematika untuk
Sekolah Dasar Kelas 4,
§
Buku lain yang relevan
§
Kegiatan keseharian yang relevan
H. Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
o Melakukan operasi hitung
dengan sifat pertukaran, pengelompokan, dan penyebaran
o Menentukan hasil perkalian dengan bilangan 0 dan 1
o Menentukan hasil
pembagian dengan bilangan 0 dan 1
|
Tugas Individu
dan Kelompok
|
Laporan
buku pekerjaan rumah
|
o Sebutkanlah operasi
hitung dengan sifat pertukaran, pengelompokan, dan penyebaran
o Tentukan hasil perkalian dengan bilangan 0 dan 1
o Tentukan hasil pembagian
dengan bilangan 0 dan 1
|
Format Kriteria Penilaian
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
*
tidak Pengetahuan
*
Sikap
*
kadang-kadang Sikap
*
tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal )
X 10.
@
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan
Remedial.
Mengetahui,
Kepala ........................
......................................
NIP. ...............................
|
..................................., Juli 201
Guru Mapel Matematika
...................................
NIP . -
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar