RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD/MI : ____________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : IV / 1
Standar Kompetensi :
1. Membaca surah-surah Alquran
Kompetensi Dasar : 1.1 Membaca
surah Al Fatihah dengan lancar
Alokasi Waktu : 6 ´ 35 menit
(2 ´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat melafalkan surah Al Fatihah dengan harakat dan makhraj
yang benar sekaligus dapat menetapkan hukum bacaan yang ada pada surah Al
Fatihah
2.
Siswa dapat
mengartikan surah Al Fatihah dengan benar
3.
Siswa dapat
menulis kata dan kalimat surah Al Fatihah dengan benar
4.
Siswa dapat
menyebutkan sekaligus memahami isi pokok surah Al Fatihah
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi pembelajaran :
Surah
Al Fatihah dan Al Ikhlas.
Metode Pembelajaran : 1. Siswa
berlatih melafalkan Surah Al Fatihah dengan harakat dan makhraj yang benar
2. Siswa berlatih melafalkan Surah Al Fatihah
dengan menerapkan hukum bacaan yang
benar
3. Siswa berlatih mengartikan Surah Al Fatihah
4. Siswa berlatih menulis kata dan kalimat
Surah Al Fatihah
5. Siswa Mengadakan diskusi dengan
teman-temannya mengkaji isi pokok Surah Al Fatihah
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Tadarus bersama
surah-surah yang telah dihafal siswa
F Memperkenalkan bahan
ajaran yang menarik dan berguna bagi siswa (melalui fitur Mutiara Islam dan Sepenggal
Kisah)
2. Kegiatan Inti.
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa melafalkan Surah Al
Fatihah secara klasikal, kelompok-kelompok dan individu
F Siswa melafalkan Surah Al
Fatihah dengan menerapkan harakat, makhraj dan hukum bacaan yang ada pada Surah
Al Fatihah secara berulang-ulang
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengartikan Surah Al
Fatihah secara berkelompok
F Siswa menulis kata dan
kalimat Surah Al Fatihah berdasarkan instruksi dan penjelasan guru
F Siswa menyebutkan isi pokok
kandungan Surah Al Fatihah secara kelompok
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
F Guru mengadakan tanya
jawab dengan siswa tentang isi pokok Surah Al Fatihah dan pemahaman siswa
mengenai hukum bacaan yang ada pada Surah Al Fatihah
F Guru membacakan
kesimpulan dari materi Surah Al Fatihah yang telah disampaikan
F Siswa menceritakan kisah
dalam Sepenggal Kisah yang telah dibacakan menggunakan bahasa sendiri
Alat / Sumber Belajar:
1. Tulisan Surah Al Fatihah
beserta artinya di karton
2. Tulisan definisi
hukum-hukum bacaan di karton
3. Buku pendidikan agam islam.
4. Buku Tajwid
5. Buku-buku lain yang relevan
6. Kaset/ CD Al Quran tentang
surah Al Fatihah
7. Pengalaman guru
Penilaian:
Indikator
Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Ø Melafalkan surah
Al Fatihah dengan harakat dan makhraj yang benar
Ø Menerapkan hukum bacaan yang ada di surah Al Fatihah
(bacaan alif lam dan izhar)
Ø Mengartikan surah Al Fatihah dengan benar
Menulis kata dan kalimat surah Al Fatihah dengan benar
Ø
Menyebutkan isi
pokok surah Al Fatihah
|
Tes lisan
Tes lisan
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Pelafalan
Pelafalan
Jawaban singkat
Jawaban singkat
Essay
|
1. Lafalkan Surah Al Fatihah
2. Bacalah surah Al Fatihah sesuai dengan makhraj harakat
dan hukum bacaan yang benar!
3.
Apa arti kalimat (ayat)
اِهْدِنَالصِّرَاطَالْمُسْتَقِيْمَ؟
4.
اياك نعبد و اياك نستعين
Salinlah
lengkap dengan tanda bacanya yang benar!
5. Sebutkan isi
pokok dari ayat ke-2 surah Al Fatihah!
|
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2.Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..
|
|
|
|
|
|
|
.
Mengetahui,
Kepala
SD/MI ………………………
(_______________________)
NIP/NIK : ...........................
|
|
…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
NIP/NIK : ...........................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar