RPP PJOK Kelas IV


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah
:   ...........................
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:   4 ( Empat )/ I (Satu )
Pertemuan ke
:   I ( Satu ) sampai dengan 5 ( Lima )
Alokasi Waktu
:   10 x 35 Menit


Standar Kompetensi   : 1.     Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi Dasar      : 1. 1 Mempraktikkan gerak dasar dalam permainan bola kecil sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama tim, sportivitas, dan kejujuran**)

A.     Tujuan Pembelajaran:
  • Siswa dapat melakukan dan memahami permainan kasti
  • Siswa dapat melakukan bermain kasti serta dapat melakukan kerjasama dengan menjungjung tinggi sportivitas.
  • Siswa dapat memahami strategi dalam bermain kasti

v  Karakter siswa yang diharapkan :  Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
                                                                                    Keberanian ( Bravery )

B.     Materi Ajar (Materi Pokok):
  • Permainan bola kecil / kasti




C.     Metode Pembelajaran:
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Praktek

D.     Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1, 2, 3, 4 & 5
  • Kegiatan Awal:
     Siswa dibariskan menjadi empat barisan
     Mengecek kehadiran siswa
     Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
     Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
     Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari

  • Kegiatan Inti:
§  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melambungkan bola dengan berbagai arah dan kecepatan berpasangan atau perorangan
F Menjelaskan dan mempraktekkan peraturan main yang terdapat dalam permainan kasti
F Mendemonstrasikan tekhnik kerjasama dan permainan yang sportivitas
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan gerakan melambungkan/melempar bola tanpa bola dengan hitungan
F Melakukan  lempar tangkap dari berbagai arah dan kecepatan : melempar bola lurus, melempar bola lambung, melembar menyusur tanah dilakukan secara berpasangan
F Melakukan gerakan memukul bola dengan hitungan
F Memukul bola yang di lambungkan  sendiri
F Memukul bola yang dilambungkan oleh orang lain
F Membagi kelompok yang seimbang untuk persiapan main
F Bermain kasti dengan peraturan yang dimodifikasi
F Bermain kasti / pemantapan
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaikai tentang kesalahan-kesalahan gerakan dan tekhnik  dalam permainan kasti

E.     Alat dan Sumber Belajar:
  • Buku Penjaskes kls. 4
  • Diktat permainan bola kecil
  • Lapangan
  • Pemukul kasti
  • Bola kasti
  • Tiang hinggap
  • Scoring board/keset
  • Pluit
  • Kapur line/tali

F.      Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Melambungkan bola dengan berbagai arah dan kecepatan
·   Melemparkan bola dengan berbagai variasi arah dan kecepatan
·   Menangkap bola dengan berbagai variasi arah dan kecepatan
·   Memukul objek yang dilambungkan /dilemparkan dari berbagai arah dan jarak.
·   Menjelaskan peraturan permainan kasti .
·   Bermain kasti dengan peraturan yang dimodifikasi.
·   Bekerjasama dengan tim, bermain sportifitas
Tes
Tulis dan
praktik
Tes
Soal &
ketram
Pilan
Tes tulis
·   *Menjelas-kan pengertia permainan tonnis
·   Melakukan pukulan porehand  dengan baik
·   Melakukan pukulan backhand  dengan baik
·   melakukan  servis ke   sasaran





FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1


 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                       

                                                                                                ............, ......................20 ...
          Mengetahui                                                                              
Kepala Sekolah                                                            Guru Mapel PJOK.



          ..................................                                                    ..................................
NIP :                                                                                                              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar