RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah
|
: ...........................
|
Mata Pelajaran
|
: Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
|
Kelas/Semester
|
: 4 ( Empat )/ I (Satu )
|
Pertemuan ke
|
: I
( Satu ) sampai dengan 5 ( Lima )
|
Alokasi Waktu
|
: 10
x 35 Menit
|
Standar Kompetensi : 1. Mempraktikkan
gerak dasar ke dalam permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang
terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar : 1. 1 Mempraktikkan gerak dasar dalam permainan bola
kecil sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama tim,
sportivitas, dan kejujuran**)
A.
Tujuan Pembelajaran:
- Siswa dapat melakukan dan memahami permainan kasti
- Siswa dapat melakukan bermain kasti serta dapat melakukan kerjasama dengan menjungjung tinggi sportivitas.
- Siswa dapat memahami strategi dalam bermain kasti
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian
( Bravery )
B. Materi Ajar (Materi
Pokok):
- Permainan bola kecil / kasti
C. Metode Pembelajaran:
- Ceramah
- Demonstrasi
- Praktek
D. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1, 2, 3, 4 & 5
- Kegiatan Awal:
–
Siswa dibariskan menjadi empat barisan
–
Mengecek kehadiran siswa
–
Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
–
Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada
kegiatan inti
–
Mendemonstrasikan materi inti yang akan
dilakukan/dipelajari
- Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melambungkan bola dengan
berbagai arah dan kecepatan berpasangan atau perorangan
F Menjelaskan dan
mempraktekkan peraturan main yang terdapat dalam permainan kasti
F Mendemonstrasikan tekhnik
kerjasama dan permainan yang sportivitas
F melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan gerakan
melambungkan/melempar bola tanpa bola dengan hitungan
F Melakukan lempar tangkap dari berbagai arah dan
kecepatan : melempar bola lurus, melempar bola lambung, melembar menyusur tanah
dilakukan secara berpasangan
F Melakukan gerakan memukul
bola dengan hitungan
F Memukul bola yang di
lambungkan sendiri
F Memukul bola yang
dilambungkan oleh orang lain
F Membagi kelompok yang
seimbang untuk persiapan main
F Bermain kasti dengan
peraturan yang dimodifikasi
F Bermain kasti /
pemantapan
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup,
guru:
F Siswa di kumpulkan
mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/
diajarkan
F Memperbaikai tentang
kesalahan-kesalahan gerakan dan tekhnik
dalam permainan kasti
E. Alat dan Sumber Belajar:
- Buku Penjaskes kls. 4
- Diktat permainan bola kecil
- Lapangan
- Pemukul kasti
- Bola kasti
- Tiang hinggap
- Scoring board/keset
- Pluit
- Kapur line/tali
F. Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Melambungkan
bola dengan berbagai arah dan kecepatan
· Melemparkan bola
dengan berbagai variasi arah dan kecepatan
· Menangkap bola
dengan berbagai variasi arah dan kecepatan
· Memukul objek
yang dilambungkan /dilemparkan dari berbagai arah dan jarak.
· Menjelaskan
peraturan permainan kasti .
· Bermain kasti
dengan peraturan yang dimodifikasi.
· Bekerjasama
dengan tim, bermain sportifitas
|
Tes
Tulis dan
praktik
|
Tes
Soal &
ketram
Pilan
|
Tes tulis
· *Menjelas-kan
pengertia permainan tonnis
· Melakukan
pukulan porehand dengan baik
· Melakukan
pukulan backhand dengan baik
· melakukan servis ke
sasaran
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&
Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR
PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel PJOK.
.................................. ..................................
NIP
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar