RPP Bahasa Inggris Kelas IV


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                           : _____________________
Mata Pelajaran                         : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : IV/1
Standar Kompetensi                 : 1.         Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar                   : 1.1       Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks kelas                                                          
Alokasi Waktu                         : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran**           : 1.         Siswa dapat melengkapi dialog-dialog yang masih kosong
                                                  2.         Siswa dapat mewarnai gambar sesuai dengan apa yang didengar dari kaset/CD
                                                  3.         Siswa dapat melengkapi dan memperagakan dialog
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran              : 1.         Siswa melengkap dialog-dialog yang masih kosong
                                                  2.         Siswa mewarnai gambar sesuai dengan apa yang didengar dari kaset/CD
                                                  3.         Siswa melengkapi dan memperagakan dialog

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
·  Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
·  Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik introduction, guru bertanya pada siswa bagaimana cara mereka memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris.
2.      Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa diminta membuka buku pada halaman materi yang akan dipelajari.
F  Pada halaman tersebut, terdapat dialog-dialog yang perlu dilengkapi.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Siswa diminta bekerja sama dengan yang teman yang duduk di sebelahnya untuk menebak isi dari titik-titik dialog yang masih kosong.
F  Pada saat mendengar, siswa mengisi titik-titik yang masih kosong.
F  Guru dapat memutar kaset/CD dua kali agar siswa dapat lebih yakin dengan jawabannya.
F  Jika materi yang dipelajari tentang mewarnai gambar, siswa diminta untuk menyiapkan pensil warna sebelum mulai mendegarkan kaset/CD.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Guru membahas jawaban siswa secara bersama-sama. Sebelumnya, guru dapat meminta siswa untuk membandingkan jawabannya dengan teman yang duduk di sebelahnya.
F  Jawaban tidak hanya harus benar, tetapi siswa juga harus dapat menulis dengan ejaan yang benar atau kalau mewarnai, siswa harus dapat mewarnai gambar dengan warna yang benar.
F  Guru meminta siswa untuk memperagakan dialog-dialog yang baru mereka lengkapi dengan teman-temannya. Siswa dapat melakukannya di tempat duduk masing-masing.
F  Selama siswa melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan memastikan siswa memperagakan dialog dengan benar.

Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 4, Esis
  2. Gambar-gambar atau benda-benda yang berkaitan dengan materi ajar
  3. Rekaman kaset/CD
  4. Buku-buku lain yang relevan
  5. Script percakapan

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Merespon dengan melengkapi dialog-dialog yang masih kosong
§ Merespon dengan mewarnai gambar sesuai dengan apa yang didengar dari kaset/CD
§ Merespon dengan melengkapi dan memperaga- kan dialog


·  Tes  tulis





·  Tes tulis

·  Unjuk kerja

·  Melengkapi dialog




·  Mewarnai gambar
·  Responding
Listen and complete the dialogues.

A: Good _______.
B: ___________________.

Listen and colour the pictures.

(terdapat gambar yang harus diwarnai siswa)

Listen, complete and act out the dialogues.

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                                
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Bahasa Inggris



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar