RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas /
Semester : IV / I
Waktu : 2 x 35 menit
A.
Standar Kompetensi
1.
Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah.
B.
Kompetensi Dasar
1.1. Membuat gambar / denah berdasarkan penjelasan
yang didengar.
C.
Tujuan Pembelajaran** :
§ Siswa dapat Mendengarkan
petunjuk arah yang dibacakan guru tentang Petunjuk Arah ke Bumi Perkemahan dengan Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun (
diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) serta Berani ( courage)
§ Siswa dapat Membuat denah
berdasarkan penjelasan yang didengar
§ Siswa dapat Menjawab
pertanyaan sesuai dengan denah
§ Siswa dapat Menjelaskan
secara lisan mengenai denah yang dibuat
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence
), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D.
Materi Pokok
§ Gambar / Denah
E.
Kegiatan Pembelajaran
§ Membuat denah berdasarkan
penjelasan yang didengar.
§ Menjawab pertanyaan
sesuai dengan denah.
§ Menjelaskan secara lisan
mengenai denah yang dibuat.
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
§ Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi :
-
Siswa diajak mengamati denah lokasi suatu tempat.
-
Bertanya jawab seputar denah yang diamati.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta mendengarkan
petunjuk arah yang dibacakan guru. secara perhatian ( respect ).
F Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Sambil mendengarkan guru membacakan
petunjuk arah, siswa diminta menggambar denah sendiri dengan cara Tanggung jawab (
responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
Petunjuk Arah ke Bumi Perkemahan
Ikuti petunjuk untuk mencapai
Bumi Perkemahan. SD YPBK berada di jalan Cip Bes-ut. Keluarlah dari SD YPBK ,
lalu ambil arah ke kiri. Susuri pasar
sampai mencapai jalan raya. Lalu, naik mobil 06 A turut di UKI Naik mobil
jurusan cibubur turut Di sebelah kiri Bumi Perkemahan cibubur ada pos polisi.
F Siswa bertanya kepada teman di
sebelahnya apakah denah buatannya sudah benar!
F Bertanya jawab tentang petunjuk
arah yang dibacakan guru
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
F Siswa diminta menjelaskan
secara lisan di depan kelas tentang denah yang
dibuat sendiri.
G.
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
· Membuat gambar / denah
|
Tertulis dan penam-pilan
|
Uraian dan Lembar observasi
|
· Buatlah denah berdasarkan penjelasan yang didengar!
· Jelaskan secara lisan mengenai denah yang dibuat!
|
§ Gambar denah buatan
sendiri
Aspek Penilaian
|
Hasil / Nilai
|
Keterangan
|
1. Kesesuaian
gambar
dengan
petunjuk
yang
dibacakan.
2. Tanda
penunjuk arah
ke sebuah
lokasi Bu-
mi Perkemahan
|
|
|
§ Penampilan
Penampilan siswa saat
menjelaskan petunjuk denah di depan kelas.
Aspek Penilaian
|
Hasil / Nilai
|
Keterangan
|
1.
Kejelasan ucapan
2.
Kewajaran intonasi
3.
Keberanian
|
|
|
H.
Sumber / Alat
§ Buku paket Bina Bahasa
Indonesia 4A
§ Gambar Denah
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&
Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa
Indonesia.
.................................. ..................................
NIP
:
NIP :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar