Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : .................................
Tema : Diri
Sendiri
Kelas/Semester : II
/ 1
Alokasi Waktu : 3
minggu
Standar Kompetensi :
1.
PKn
- Membiasakan hidup bergotong royong
2.
IPS
·
Memahami
peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
3. IPA
·
Mengenal bagian
–bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup.
4. Matematika
·
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
5. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
·
Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara
·
Mengungkapkan
pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca
·
Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca
puisi anak.
Menulis
·
Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi
cerita dan dikte.
6.
Seni Budaya Keterampilan
- Seni Rupa : Mengapresiasi karya seni rupa.
- Seni Tari : Mengapresiasi karya seni tari
Kompetensi Dasar
:
1.
PKn
- Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.
2.
IPS
- Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya
- Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga secara kronologis
3.
IPA
·
Mengenal bagian
utama tubuh hewan dan tumbuhan , di sekitar rumah dan sekolah melalui
pengamatan.
- Mengidentifikasi cirri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar
4.
Matematika
·
Membandingkan
bilangan 1 sampai 500
- Mengurutkan bilangan sampai 500
5.
Bahasa Indonesia
- Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
- Mendeskripsikan isi puisi
·
Bertanya kepada
orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
·
Mendeklamasikan
puisi denga ekspresi yang tepat.
·
Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·
Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
·
Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
·
Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan
menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda
titik.
6. Seni Budaya Keterampilan.
- Mengenal unsure rupa pada karya seni rupa
- Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsure rupa pada karya seni rupa.
- Mengidentifikasi gerak alam semesta
I. Tujuan
Pembelajaran****:
Siswa
dapat :
- Menjelaskan arti rukun
- Menyebutkan manfaat saling berbagi dengan teman.
·
Menunjukkan
dokumen diri dan keluarga
·
Menceritakan
peristiwa yang berkesan waktu kecil
tentang diri dan keluarga melalui
dokumen.
·
Menceritakan cara
memelihara dokumen pribadi.
·
Menyampaikan pendapat/
komentar tentang peristiwa yang dialami teman.
·
Mengidentifikasi
bagian utama tubuh hewan di sekitar rumah.
·
Mengidentifikasi
bagian utama tumbuhan
·
Menjelaskan sifat
benda padat
·
Menjelaskan sifat
benda cair.
·
Menentukan
bilangan 1 samapai 500
·
Menentukan
bilangan lebih besar.
·
Menentukan
bilangan lebih kecil.
·
Membandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan symbol
<, > , =.
·
Membandingkan kumpulan benda denagn menggunakan istilah
lebih dari, kurang dari.
·
Menyusun bilangan
dari yang terkecil ke terbesar.
·
Menyusun bilangan
dari yang terbesar ke terkecil.
·
Menulis bilangan dengan benar secara urut dari 1 – 500.
·
Menyebutkan
pengertian bilangan genap.
·
Menyebutkan
pengertian bilangan ganjil.
·
Menjelaskan
perbedaan bilangan genap dan ganjil.
·
Mengurutkan
bilangan ganjil dari 1 – 21
·
Mengurutkan
bilangan genap dari 2 – 20.
·
Mendengarkan teks
pendek yang dibacakan guru.
·
Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek
yang dibacakan guru
·
Menceritakan
kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·
Menafsirkan isi puisi dengan bahasa sendiri
·
Menjawab pertanyaan tentang isi puisi
·
Mendeklamasikan
puisi
·
Menjelaskan isi
puisi
·
Memperagakan
percakapn
·
Membuat
percakapan.
·
Memberikan
tanggapan terhadap cerita teman.
·
Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat.
·
Membaca teks dengan
bersuara.
·
Mengajukan
pertanyaan bacaan,
·
Menceritakan
kembali isi bacaan.
·
Membaca puisi
·
menceritakan isi
puisi..
·
Melengkapi cerita
·
Menyusun
kalimat menjadi cerita
·
Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
·
Menuliskan kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan
huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik.
·
Menggunakan huruf capital dalam kalimat.
·
Mengelompokkan berbagai jenis bidang dan bentuk ritme
keseimbangan dan kesatuan.
·
Mengelomplokkan berbbagai ukuran : bintik, garis, bidang
warna, dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi di alam sekitar.
·
Mengungkapkan perasaan ketertarikan pada imajinatif dan
berbagai unsure rupa benda di alam sekitar.
·
Memilih objek benda alam yang menarik.
·
Mengungkapkan perasaan secara lisan tentang objek
imajinatif yang diamati dari berbagai unsure seni rupa dan perpaduannya pada
karya seni rupa.
·
Memilih keindahan unsure rupa dan perpaduannya dan karya
seni rupa.
·
Membedakan gerak angina sepoi-sepoi dengan gerak angina
rebut.
·
Menunjukkan perbedaan air mengalir dengan air sedang
bergelombang.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. Materi Ajar
( Materi Pokok ) :
·
Hidup gotong royong.
·
Dokumen pribadi dan keluarga
·
Manfaat dokumen.
·
Bagian utama tumbuhan dan hewan
·
Sifat benda
·
Bilangan 1 – 500
·
Mengurutkan bilangan.
·
Mendengarkan teks pendek.
·
Deskripsi puisi.
·
Percakapan]
·
Puiai
·
Membaca teks pendek.
·
Menjelaskan isi puisi
·
Melengkapi kalimat.
·
Menulis.
·
Unsur rupa
·
Gerak alam semesta.
III. Metoda Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian tugas.
IV.
Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
·
Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar,
model, alat peraga.
·
Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis,
membaca.
·
Mengumpulkan
tugas/ PR
B. Kegiatan
inti
:
Minggu ke 1
Pertemuan
pertama : 3 x 35 menit
( Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati bilangan yang
ditulis di papan tulis dari bilangan 1 sampai 500.
F Siswa membaca bilangan
dengan tepat.
F Menyimak teks pendek yang
dibacakan guru.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F Melalui pemberian tugas
siswa dapat menentukan anatara bilangan lebih besar dan lebih kecil.
F Melakukan tanya jawab
tentang isi teks pendek yang dibacakan guru.
F Menceritakan kembali isi teks pendek
dengan bahasa sendiri.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit
( Matematika, Bahasa Indonesia, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat mendeskripsikan isi puisi dengan menafsirkannya
menggunakan bahasa sendiri
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F Membandingkan dua buah
bilangan dengan menggunakan simbul <, >, =
F Siswa dapat membandingkan
dua buah bilangan dengan menggunakan istilah lebih dari dan kurang dari.
F Siswa dapat menjawab
pertanyaan tentang isi puisi yang telah dibacakan.
F Melalui Tanya jawab siswa
dapat menjelaskan tentang dokumen pribadi.
F Menyebutkan jenis – jenis dokumen
pribadi dan keluarga.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan ke tiga 3 x 35 menit ( Matematika, , B Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendeklamasikan puisi
dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F Siswa dapat membandingkan
dua kumpulan benda dengan menggunakan
istilah lebih dari dan kurang dari.
F Menyusun bilangan dari
yang terkecil ke terbesar dengan teliti.
F Siswa dapat menbaca
kalimat percakapan dan melakukan percakapan di depan teman lainnya.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 3 x 35 menit.
( B. Indonesia,IPA,
PKn )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan penuh percaya diri
siswa dapat membuat kalimat percakapan bersama-sama.
F Dengan penjelasan guru siswa
dapat memberikan tanggapan terhadap cerita teman.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F Melalui pengamatan dan
percobaan sederhana siswa dapat mengidentifikasi tumbuhan.
F Melalui diskusi dan tanya
jawab siswa dapat menjelaskan arti rukun.
F Siswa dapat memahami cara
hidup bergotong royong.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35
menit ( B.Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendeklamasikan
puisi dengan ekspresi yang wajar dengan gerakan tubuh dan mimik yang tepart.
F Siswa membaca teks pendek
dengan susra yang nyaring ( terdengar oleh orang lain)
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F Siswa melakukan tanya
jawab tentang teks yang telah dibaca.
F Melalui penugasan siswa
menunjukkan dokumen diri dan keluarga.
F Siswa dapat
memperlihatkan contoh akte kelahiran dan kartu keluarga.
F Melalui penugasan dari
guru siswa dapat menulis bilangan dengan tepat.
F Siswa menulis bilangan secara
urut dari 1 – 500.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 3 x 35 menit
(Seni Budaya dan Keterampilan, B.
Indonesia, IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Secara individual siswa membaca
bilangan 1-500
F Melalui pengamatan pada
model dan percobaan sedrhana siswa dapat menyebutkan bagian utama hewan.
F Siswa menjelaskan mengenai unsur seni rupa .
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F Siswa menyebutkan bilangan dari
1 – 500 secara urut secara klasikal.
F Melalui penjelasan guru, siswa
dapat mengelompokkan jenis bidang dan bentuk.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu
ke 2
Pertemuan pertama 3 x 35 menit
(Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan penjelasan guru
siswa dapat menyebutkan pengertian bilangan genap.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F Siswa dapat
mengelompokkan bilangan yang termasuk bilangan genap.
F Siswa dapat menyusun
percakapan dan memberikan tanggapan
terhadap cerita teman.
F Siswa dapat menceritakan
kembali isi bacaan.
F
Membaca puisi dan
menceritakan isi puisi secara individual.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x
35 menit (Matematika, B. Indonesia, IPS
)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan tentang pengertian
bilangan ganjil.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F Siswa dapat menyebutkan b10
bilngan ganjil dengan benar.
F Siswa dapat mengajukan
pertanyaan dari bacaan teks yang telah
dibacakan
F Siswa disuruh membacakan
teks pendek secara kelompok.
F Secara individual siswa
menceritakan pengalaman / peristiwa yang berkesan pada waktu kecil.
F Siswa menuliskan riwayat keluarganya.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga a 3 x 35 menit
(Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa meniru/ menyebutkan kembali
bilangan ganjil dari 21 – 41.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F Siswa menyebutkan
bilangan ganjil dari 11 – 21.
F Siswa menceritakan
kembali isi teks yang telah dijelaskan sesuai dengan kemampuannya.
F Siswa dengan lancar menceritakan
isi bacaan dengan benar dan jelas.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 3 x
35 menit (B. Indonesia, PKn, IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan bagian
–bagian dari tumbuhan secara keseluruhan .
F Menjelaskan cerita yang didenagr dari
guru/ orang lain.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F Siswa menyimpulkan isi
teks pendek dari 10 – 15 kaliamt
F Siswa dapat menyebutkan
beberapa contoh hidup rukun.
F Siswa dapat menyebutkan bagian
utama dari tumbuhan yang ada di lingkungan rumah.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x
35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika
)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan cara
memelihara dokumen pribadi
F Guru menjelaskan perbedaan bilangan
genap dan bilangan ganjil.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F Siswa dapat menyusun
kalimat menjadi sebuah cerita yang baik.
F Siswa melengkapi sebuah
cerita yang belum sempurna.
F Siswa membawa dokumen berupa
foto-foto kegiatan masing-masing.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 3 x
35 menit (Matematika, Seni Budaya dan
Keterampilan,IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Secara klasikal siswa
menyebutkan bilangan genap
F Siswa individual siswa menyebutkan bilangan genap.
F Siswa menyebutkan
ciri-ciri benda padat dengan jelas.
F Siswa menjelaskan sifat
benda padat dari hasil yang telah dijelaskan oleh guru.
F Siswa menjelaskan bentuk
ritme dengan keseimbangan kesatuannya.
F Siswa dapat
mengelompokkan berbagai ukuran yang telah ditentukan baik bintik, garis maupun
bidang warna.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu
ke 3
Pertemuan
pertama 3 x 35 menit
(Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mampu menyebutkan
bilangan ganjil dari 1 – 49.
F Siswa secara klasikal
menyebutkan bilangan ganjil dari 1 – 49
F Siswa menuliskan kalimat
sederhana dengan mengguankan huruf sambung.
F Siswa menuliskan kalimat yang didiktekan
oleh guru.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x
35 menit (Matematika, B. Indonesia, IPS
).
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penguasaannya
siswa mampu mengulang bilangan 1 – 500 dengan diucapkan.
F Denagn penulisan secara
berulang siswa dapat menuliskan bilangan ganjil dengan berurut dari terkecil ke
terbesar dan sebaliknya.
F Menulis kalimat dengan
mengguanakn huruf sambung
F Menyimak dan menuliskan
kalimat dikte dengan memperhatikan huruf besar dan tanda baca.
F Dengan pendapatnya masing-masing siswa
memberi komentar
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga 3 x 35 menit
(Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menyebutkan
bilangan ganjil dari 11 – 21.
F Siswa meniru/ menyebutkan
kembali bilangan ganjil dari 21 – 41.
F Siswa menceritakan
kembali isi teks yang telah dijelaskan sesuai dengan kemampuannya.
F Siswa dengan lancar menceritakan isi
bacaan dengan benar dan jelas.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 3 x 35
menit (Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menuliskan kalimat
denga menggunakan huruf kapital yang
benar.
F Guru mendiktekan kalimat dengan menggunkan huruf kapital yang
benar.
F Guru menceritakan
pengalaman saling berbagi dengan teman.
F Siswa dapat menyebutkan
manfaat saling berbagi dengan teman.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima
3 x 35 menit (Matematika, B. Indonesia, IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan kecepatannya siswa
mampu menyebutkan bilangan ganjil.
F Siswa dengan cepat
menyebutkan bilangan genap.
F Dengan penjelasan guru
siswa dapat mempergunakan hurif kapital pada kalimat dengan benar.
F Dengan pendapat yang
disampaikannya siswa berani berkomentar tentang peristiwa yang dialami oleh
temannya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 3 x 35 menit
(Matematika, IPA, SBK )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dari perlombaan antar kelompok
siswa menunjukkan keberaniannya untuk menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh
guru tentang bilangan ganjil dan bilangan genap.
F Siswa membedakan antara
benda padat dengan benda cair.
F Melalui pengamatan dan
pengalaman siswa menyebutkan sifat benda cair dan padat.
F Dengan kekreatifannya
siswa dapat menunjukkan sikap terhadap benda alam di sekitar.
F Melalui gerakan siswa
membedakan gerakan angin sepoi-sepoi dengan angin ribut.
F Siswa meeragakan gerakan tari yang menyerupai aliran air
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari
tiap materi yang disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas
V. Alat dan Sumber Belajar
- Buku Sumber :
F Buku Pengetahuan sosial 2
SD kelas 1, Penerbit Buku relevan
F Buku Sains SD Kelas 2,
Penerbit Buku relevan
F Buku Pendidikan
Kewarganegaraan kelas 2 SD , Penerbit Buku relevanPratama
F Buku Pelajaran Matematika
SD Kelas 2, Penerbit Buku relevan.
F Buku Bina Bahasa Idonesia
dan Sastra SD Kelas 2, Penerbit Buku relevan
F Buku Saya Ingin Terampil
dan Kreatif D kelas 2, Penerbit Buku relevan.
F Buku Piwulang Basa SD Kelas 2,
Penerbit Geugeur Sunten.
·
Alat Peraga :
F Kartu bilangan
F Contoh benda cair, benda
padat.
F Gambar tanaman dan binatang.
F Lembar puisi.
F Contoh akte , kartu keluarga, KTP,
Foto-foto keluarga.
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah
pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
1. PKn :
2.
IPS :
·
Menunjukkan
dokumen diri dan keluarga
·
Menceritakan
peristiwa yang berkesan waktu kecil
tentang diri dan keluarga melalui
dokumen.
·
Menceritakan
cara memelihara dokumen pribadi.
·
Menyampaikan
pendapat/ komentar tentang peristiwa yang dialami teman.
3. IPA
:
·
Mengidentifikasi
bagian utama tubuh hewan di sekitar rumah.
·
Mengidentifikasi
bagian utama tumbuhan
·
Menjelaskan sifat
benda padat
·
Menjelaskan
sifat benda cair.
4. Matematika :
·
Menentukan
bilangan 1 samapai 500
·
Menentukan
bilangan lebih besar.
·
Menentukan
bilangan lebih kecil.
·
Membandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan
symbol <, > , =.
·
Membandingkan kumpulan benda denagn menggunakan istilah
lebih dari, kurang dari.
·
Menyusun
bilangan dari yang terkecil ke terbesar.
·
Menyusun
bilangan dari yang terbesar ke terkecil.
·
Menulis bilangan dengan benar secara urut dari 1 – 500.
·
Menyebutkan
pengertian bilangan genap.
·
Menyebutkan
pengertian bilangan ganjil.
·
Menjelaskan
perbedaan bilangan genap dan ganjil.
·
Mengurutkan
bilangan ganjil dari 1 – 21
·
Mengurutkan
bilangan genap dari 2 – 20.
5. Bahasa Indonesia :
·
Mendengarkan
teks pendek yang dibacakan guru.
·
Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek
yang dibacakan guru
·
Menceritakan
kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·
Menafsirkan isi puisi dengan bahasa sendiri
·
Menjawab pertanyaan tentang isi puisi
·
Mendeklamasikan
puisi
·
Menjelaskan isi
puisi
·
Memperagakan
percakapn
·
Membuat
percakapan.
·
Memberikan
tanggapan terhadap cerita teman.
·
Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat.
·
Membaca teks
dengan bersuara.
·
Mengajukan
pertanyaan bacaan,
·
Menceritakan
kembali isi bacaan.
·
Membaca puisi
·
menceritakan
isi puisi..
·
Melengkapi
cerita
·
Menyusun
kalimat menjadi cerita
·
Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
·
Menuliskan kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan
huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik.
·
Menggunakan huruf capital dalam kalimat.
6 Seni
Budaya dan Keterampilan :
·
Mengelompokkan
berbagai jenis bidang dan bentuk ritme keseimbangan dan kesatuan.
·
Mengelomplokkan
berbbagai ukuran : bintik, garis, bidang warna, dan bentuk pada benda dua dan
tiga dimensi di alam sekitar.
·
Mengungkapkan
perasaan ketertarikan pada imajinatif dan berbagai unsure rupa benda di alam
sekitar.
·
Memilih objek
benda alam yang menarik.
·
Mengungkapkan
perasaan secara lisan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai
unsure seni rupa dan perpaduannya pada karya seni rupa.
·
Memilih
keindahan unsure rupa dan perpaduannya dan karya seni rupa.
·
Membedakan
gerak angina sepoi-sepoi dengan gerak angina rebut.
·
Menunjukkan perbedaan air mengalir dengan air sedang
bergelombang.
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
2. PKn :
2.
IPS :
·
Tunjukkan
dokumen diri dan keluarga
·
Ceritakan
peristiwa yang berkesan waktu kecil
tentang diri dan keluarga melalui
dokumen.
·
Ceritakan cara
memelihara dokumen pribadi.
·
Sampaikan
pendapat/ komentar tentang peristiwa yang dialami teman.
3. IPA
:
·
Jelaskanlah
bagian utama tubuh hewan di sekitar rumah.
·
Mengidentifikasi
bagian utama tumbuhan
·
Jelaskanlah
sifat benda padat
·
Jelaskanlah
sifat benda cair.
4. Matematika :
·
Tentukan
bilangan 1 samapai 500
·
Tentukan
bilangan lebih besar.
·
Tentukan
bilangan lebih kecil.
·
Bandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan symbol
<, > , =.
·
Bandingkan kumpulan benda denagn menggunakan istilah
lebih dari, kurang dari.
·
Susunkanlah
bilangan dari yang terkecil ke terbesar.
·
Susunkanlah
bilangan dari yang terbesar ke terkecil.
·
Tuliskanlah
bilangan dengan benar secara urut dari 1 – 500.
·
Sebutkan
pengertian bilangan genap.
·
Sebutkan
pengertian bilangan ganjil.
·
Menjelaskan
perbedaan bilangan genap dan ganjil.
·
Kurutkanlah
bilangan ganjil dari 1 – 21
·
Kurutkanlah
bilangan genap dari 2 – 20.
5. Bahasa Indonesia :
·
Dengarkan teks
pendek yang dibacakan guru.
·
Jawabkanlah
pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru
·
Ceritakan
kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·
Nafsirkan isi puisi dengan bahasa sendiri
·
Jawabkanlah pertanyaan tentang isi puisi
·
Jelaskanlah
puisi
·
Jelaskanlah isi
puisi
·
Peragakan
percakapn
·
Buatkanlah
percakapan.
·
Berikanlah
tanggapan terhadap cerita teman.
·
Jelaskanlah puisi dengan
ekspresi yang tepat.
·
Bacakanlah teks
dengan bersuara.
·
Ceritakan
kembali isi bacaan.
·
Membaca puisi
dengan benar ?
·
Ceritakan isi
puisi..
·
Melengkapi
cerita
·
Susunkanlah
kalimat menjadi cerita
·
Salinkanlah kalimat dengan mewnggunakan huruf
bersambung.
·
Tuliskanlah kaliamt yang didikte guru dengan
menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan
tanda titik.
·
Gunakan huruf capital dalam kalimat.
6 Seni Budaya dan Keterampilan :
·
Kelompokkan
berbagai jenis bidang dan bentuk ritme keseimbangan dan kesatuan.
·
Kelomplokkan
berbbagai ukuran : bintik, garis, bidang warna, dan bentuk pada benda dua dan
tiga dimensi di alam sekitar.
·
Gungkapkan
perasaan ketertarikan pada imajinatif dan berbagai unsure rupa benda di alam
sekitar.
·
Pilihkanlah
objek benda alam yang menarik.
·
gungkapkan
perasaan secara lisan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai
unsure seni rupa dan perpaduannya pada karya seni rupa.
·
Pilihkanlah
keindahan unsure rupa dan perpaduannya dan karya seni rupa.
·
Bedakanlah
gerak angina sepoi-sepoi dengan gerak angina rebut.
·
Tunjukkan perbedaan air mengalir dengan air sedang
bergelombang.
· LKS
· Lmbar observasi.
|
Lembar Kerja Siswa IPA
Kelompok :
.......................
Anggota :
- ................................
- ...............................
- ...............................
- ...............................
- ...............................
Ayo tulis 10 macam peralatan yang
menggunakan tenaga listrik dan peralatan yang tidak menggunakan listrik.
No
|
Peatalatan menggunakan listrik
|
Peralatan tidak menggunakan listrik
|
1
|
|
|
2
|
|
|
3
|
|
|
4
|
|
|
5
|
|
|
6
|
|
|
7
|
|
|
8
|
|
|
9
|
|
|
10
|
|
|
Matahari dapat mengeringkan
benda,
Berilah tanda R untuk benda yang dapat kering oleh matahari !
Nama Benda
|
R
|
Pakaian
|
|
Celana
|
|
Handuk
|
|
TV
|
|
Kasur
|
|
Topi
|
|
Lemari es
|
|
Komputer
|
|
Tas
|
|
A. Kriteria
Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2.
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar