RPP PJOK Kelas II


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:   ...........................................
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:  2( dua )/ I (Satu )    
Pertemuan ke
:   I ( Satu )
Alokasi Waktu
:   2 x 35 Menit

Standar Kompetensi: 1 Mempraktikkan variasi gerak dasar  melalui permainan dan aktivitas jasmani, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar: 1.1 .Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggungjawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri
I.  Tujuan Pembelajaran**:
·         Siswa dapat melakukan gerakan dasar berjalan
·         Siswa dapat melakukan gerakan dasar berlari
v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II.        Materi Ajar (Materi Pokok):
·                Pola gerak lokomotor dalam bentuk permainan
III. Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·                Praktek
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
Apresepsi/ Motivasi
F Siswa dibariskan menjadi empat barisan
F Mengecek kehadiran siswa
F Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
F Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
F Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari

B. Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat melakukan gerakan dasar berjalan
F Siswa dapat melakukan gerakan dasar berlari
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan gerakan jalan di tempat, jalan cepat, melompat ke depan, melompat sambil berputar dan melompat di tempat
F Berjalan atau berlari merubah arah maju, mundur, samping dengan isyarat dalam bentuk lomba
F Mengkombinasikan gerakan jalan, lari dan melompat dengan isyarat
F Melakukan lari sambung berkelompok
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaikai tentang kesalahan-kesalahan gerakan

V.   Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 2
·         Pluit
·         Tongkat kecil
VI. Penilaian:
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
·     Melakukan variasi gerak jalan, lari, lompat ke berbagai arah.
·     Berjalan  dan berlari merubah arah dengan isyarat
·     Mengkombinasikan gerak, jalan, lari dan lompat
·     Berlari dengan alat tongkat berkelompok

Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek

·         Praktekkan variasi gerak jalan, lari, lompat ke berbagai arah.
·         Jelaskanlah berjalan  dan berlari merubah arah dengan isyarat
·         Jelaskanlah mengkombinasikan gerak, jalan, lari dan lompat
·         Jelaskanlah berlari dengan alat tongkat berkelompok

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................

( .............................................. )
  NIP/NIK :

…………............, ................. 20..
Guru Mapel PJOK

( ..................................................... )
       NIP/NIK :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar