RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD/MI : _______________________
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /
Semester : III / 1
Standar
Kompetensi : 1. Mengenal kalimat
dalam Alquran
Kompetensi
Dasar : 1.1 Membaca
kalimat dalam Alquran
Alokasi
Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)
Tujuan
Pembelajaran : 1. Siswa dapat melafalkan huruf-huruf Alquran
melalui kalimat dengan benar
2. Siswa dapat melafalkan kalimat dalam Alquran dengan benar sesuai
harakat dan makhraj
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi Pembelajaran : Membaca kalimat dalam
Alquran
Metode Pembelajaran : 1. Siswa berlatih membaca huruf, kata dan kalimat dalam Alquran
secara klasikal, kelompok dan individu
setelah mendengar penjelasan dari guru
2. Guru mengadakan tanya
jawab dengan siswa secara berkelompok dan individu tentang cara membaca huruf,
kata dan kalimat dalam Alquran sesuai dengan harakat dan makhraj yang benar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi :
F Tadarus bersama surat-surat
yang telah dihafal siswa
F Memperkenalkan bahan ajar
mengenai huruf, kata dan kalimat dalam Alquran (melalui Fitur Mutiara Islam dan sepenggal kisah)
2. Kegiatan Inti.
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru memperkenalkan cara melafalkan huruf,
kata dan kalimat dalam Alquran
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa diperkenalkan macam-macam
harakat dan makhraj (keluarnya huruf)
F Siswa secara
berulang-ulang melafalkan huruf, kata dan kalimat sesuai dengan harakat dan
makhraj yang
benar
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
F Guru mengadakan tanya jawab
dengan siswa secara berkelompok dan
individu tentang cara membaca huruf, kata dan kalimat dalam Alquran sesuai
dengan harakat dan makhraj yang benar
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam
sepenggal kisah menggunakan bahasa sendiri
Alat / Sumber Belajar:
1. Alquran (Juz Amma)
2. Tulisan harakat, huruf,
kata dan kalimat Alquran pada karton
3. Kaset dan CD Alquran
4. Buku Pendidikan Agama Islam
5. Buku Tajwid atau buku-buku
lain yang relevan
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator
Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Melafalkan
huruf-huruf Alquran melalui kalimat dengan benar
Melafalkan kalimat
dalam Alquran dengan benar sesuai harakat dan makhraj
|
Tes lisan
Tes lisan
|
Pelafalan
Pelafalan
|
1.
Lafalkan huruf-
huruf Alquran dalam kalimat-kalimat di bawah ini:
a. مَرْضِيٌّ
b. يَدْخُلُ
c. اَنْهَارٌ
2.
Lafalkan
kalimat-kalimat di bawah ini sesuai harakat dan makhrajnya:
a. لاِِ
ِيْلاَفِيْ قُرَيْشٍ
b. كِتَابٌ
مَّرْقُوْمٌ
|
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2.Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v
Untuk Siswa
yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala
SD/MI ………………………
(_______________________)
NIP / NIK : ...........................
|
|
…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
NIP / NIK : ...........................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar