RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
................................
Kelas / Semester : II / 1
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam
Standar Kompetensi : 1. Menghafal
Alquran
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengenal
huruf Hijaiah
Alokasi Waktu : 6 ´ 35 menit (2 ´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran** :
1. Siswa dapat melafalkan
huruf Hijaiah dengan benar
2. Siswa dapat menunjukkan
hafal huruf Hijaiah
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian
( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi Pembelajaran :
1. Huruf Hijaiah.
Metode Pembelajaran:
1.
Siswa berlatih melafalkan huruf Hijaiah secara klasikal,
kelompok dan individu mengikuti bacaan guru
2.
Guru memberikan penjelasan tentang makhraj huruf Hijaiah
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
Pendahuluan :
F Apersepsi : menghafalkan
huruf Hijaiah
F Motivasi :menjelaskan
pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi
siswa
2. Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa melafalkan huruf Hijaiah
secara klasikal
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan huruf
Hijaiah secara kelompok
F Siswa menghafalkan huruf
Hijaiah secara individu
F Siswa tampil ke depan kelas
menghafalkan huruf Hijaiah dengan benar
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
F Siswa diminta menulis
huruf-huruf Hijaiah di buku tugas
Alat / Sumber Belajar:
1. Tulisan lafal huruf Hijaiah
pada karton atau papan tulis
2. Buku tajwid
3. Alquran (juz amma)
4. Buku pendidikan agam islam.
5. Buku-buku lain yang relevan
6. Kaset dan CD Alquran
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Ø Melafalkan huruf
hijaiah dengan benar
Ø Menunjukkan
hafal huruf Hijaiah
|
Tes lisan
Tes lisan
|
Hafalan
Hafalan
Uraian
|
a.
angka tiga terbalik
b.mata pancing c. toge
a.
ta b. ţa c. dad
a.
ف b. ق c. ك
a.
kaf nun b. kaf ya’ c. kaf mim
a.
س ن b. س ج c. س ت
|
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2.Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v
Untuk Siswa
yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala
SD/MI ………………………
(_______________________)
NIP / NIK : ...........................
|
|
…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
NIP / NIK : ...........................
|
maaf pk sebelumnya,,,apakah bapak untuk pembuatan RPP bisa melayani jasa pembuatan? makasih
BalasHapus