PROGRAM TAHUNAN
MI ……………………………………………...
Mata
Pelajaran :
Bahasa Jawa
Kelas : I
Standar Kompetensi :
- Mampu mendengarkan dan
memahami berbagai wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi/suara dan
bunyi bahasa, pesan, ungkapan, cerita dongeng, percakapan sederhana dan
melakukan sesuatu sesuai dengan perintah
- Mampu mengungkapkan
pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam
bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh yang berlaku
|
-
Menulis
kata dengan huruf lepas dan huruf sambung
-
Mampu
membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca lancar bersuara beberapa
kalimat sederhana
-
Mampu
mengapresiasikan susastra Jawa
|
SMT
|
Kompetensi Dasar
|
Tema / Pelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
I |
Mengenalkan diri menggunakan kalimat sederhana
|
Diri Sendiri
/ 1
|
12
|
Mendengarkan dan membedakan berbagai bunyi/suara atau bunyi
|
|
|
|
Membaca bersuara/membaca nyaring
|
|
|
|
Menulis kata sederhana dengan huruf lepas
|
|
|
|
Mengepresi cerita atau dongeng
|
|
|
|
Memperkenalkan diri menggunakan kalimat sederhana
|
keluarga /
2
|
8
|
|
Mendengarkan dan melakukan sesuatu
|
|
|
|
Membaca bersuara/membaca nyaring
|
|
|
|
Menulis kata sederhana dengan huruf lepas
|
|
|
|
Mengapresiasi cerita atau dongeng
|
|
|
|
Menyapa dengan kalimat yang benar
|
Budi
Pekerti / 3
|
8
|
|
Mendengarkan dan memahami pesan lisan
|
|
|
|
Membaca bersuara/ membaca nyaring
|
|
|
|
Menulis kata sederhana dengan huruf lepas
|
|
|
|
Mengepresi cerita atau dongeng
|
|
|
|
Menyapa dengan kalimat yang benar
|
Kegiatan
sehari-hari / 4
|
8
|
|
Mendengarkan percakapan sederhana tentang kegiatan
sehari-hari
|
|
|
|
Membaca bersuara atau nyaring
|
|
|
|
Menulis kata sederhana dengan huruf sambung
|
|
|
|
Mengepresikan cerita atau wayang
|
|
|
|
Jumlah
|
20 Kompetensi Dasar
|
4 Tema
|
36
|
Standar Kompetensi :
- Mampu mendengarkan dan
memahami berbagai wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi/suara dan
bunyi bahasa, pesan, ungkapan, cerita dongeng, percakapan sederhana dan
melakukan sesuatu sesuai dengan perintah
- Mampu mengungkapkan
pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam
bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh yang berlaku
|
-
Menulis
kata dengan huruf lepas dan huruf sambung
-
Mampu
membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca lancar bersuara beberapa
kalimat sederhana
-
Mampu
mengapresiasikan susastra Jawa
|
SMT
|
Kompetensi Dasar
|
Tema / Pelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
II |
Menjelaskan isi gambar
tunggal atau seri sesuai penafsiran siswa dengan kalimat sederhana
|
Kegemaran /
5
|
8
|
Mendengarkan cerita atau dongeng
|
|
|
|
Membaca indah
|
|
|
|
Menulis kata sederhana dengan huruf sambung
|
|
|
|
Mengepresikan cerita wayang
|
|
|
|
Menyampaiakan rasa suka atau tidak suka pada suatu hal
atau kegiatan
|
Pengalaman
/ 6
|
8
|
|
Mendengarkan percakapan sederhana tentang kegiatan sehari-hari
|
|
|
|
Membaca indah
|
|
|
|
Menulis kata sederhana
|
|
|
|
Mengepresikan geguritan
|
|
|
|
Mengenal nama dan fungsi anggota tubuh dan beda sekitarnya
|
Kesehatan /
7
|
8
|
|
Mendengarkan dan membedakan berbagai bunyi/suara atau bunyi bahasa
|
|
|
|
Membaca penggalan cerita
|
|
|
|
Menulis rapi
|
|
|
|
Mengepresikan geguritan
|
|
|
|
Membaca penggalan cerita
|
Peristiwa /
8
|
8
|
|
Memerankan tokoh tertentu dalam dongeng susuai dengan
karakternya
|
|
|
|
Mendengarkan cerita atau dongeng
|
|
|
|
Menulis rapi
|
|
|
|
Mengapresiasi lagu/tembang (menthog-menthog)
|
|
|
|
Jumlah
|
20 Kompetensi Dasar
|
4 Tema
|
32
|
xxx, …………………......
Mengetahui,
Kepala MI
................................ Guru
Kelas
..................................................
........................................ ......................................
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar