PROGRAM TAHUNAN
MI …………………………………………
Mata
Pelajaran : Akidah Akhlak
Kelas : I
SMT
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok
|
Alokasi
Waktu
|
I |
1. Mampu mengenal rukun
iman yang enam dan sifat-sifat Allah yang
terkandung dalam Asma
al-Husna (al-Rahman, al-Waahid, al-Khaliq, dan al-Quddus), terbiasa
berakhlak terpuji dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari.
|
1.1.
Mengenal Allah
melalui pengenalan terhadap rukun iman.
|
Rukun iman
|
14
|
1.2.
Mengenal Allah
melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Asma al-Husna (al-Rahman, al-Waahid, al-Khaliq,
dan al-Quddus)
|
Sifat-sifat Allah dalam asmaul husna
|
6
|
||
1.3.
Membiasakan
berakhlak terpuji dalam kehidupan sehari-hari (hidup bersih, kasih sayang dan
rukun terhadap sesama)
|
Akhlak terpuji dalam kehidupan sehari-hari
|
8
|
||
1.4.
Membiasakan
diri untuk menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari (hidup
kotor, berdusta dan berbicara jorok)
|
Akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari
|
8
|
||
Jumlah
|
1 Standar
Kompetensi
|
4 Kompetensi
Dasar
|
4 Materi Pokok
|
36
|
SMT
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Alokasi
Waktu
|
II |
2. Terbiasa beradab secara Islami ketika bergaul dengan
orang tua, guru dan teman, ketika mandi, berpakaian, makan, minum, belajar,
bermain dan tidur.
|
1.1.
Membiasakan beradab secara Islami kepada orang tua,
guru dan teman di rumah maupun di sekolah
|
Adab kepada orang
tua, guru dan teman di sekolah
|
6
|
1.2.
Membiasakan beradab secara Islami ketika mandi dan
berpakaian
|
Adab mandi dan
berpakaian
|
6
|
||
1.3.
Membiasakan beradab secara Islami ketika makan dan
minum
|
Adab makan dan
minum
|
8
|
||
1.4.
Membiasakan
beradab secara Islami ketika tidur
|
Adab tidur
|
6
|
||
1.5.
Membiasakan
beradab secara Islami ketika belajar dan bermain
|
Adab belajar dan
bermain
|
6
|
||
Jumlah
|
1 Standar
Kompetensi
|
5 Kompetensi
Dasar
|
5 Materi Pokok
|
32
|
Jepara, …………………......
Mengetahui,
Kepala MI
................................ Guru
Kelas
..................................................
........................................ ......................................
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar