RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Madrasah :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/1
Pertemuan Ke- : 1-3
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit
A. Standar Kompetensi :
1.
Melakukan
operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah.
B. Kompetensi Dasar
1.1 Menggunakan sifat-sifat operasi
hitung termasuk operasi campuran, FPB, dan
KPK
C. Tujuan Pembelajaran**
Peserta didik dapat :
§ Melakukan
pekerjaan hitung campuran
§ Mencari
Faktor Prima Suatu Bilangan
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( discipline
), Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan
Tanggung jawab ( responsibility )
D. Materi Ajar
Operasi Hitung Bilangan Bulat
§ Sifat-Sifat
Operasi Hitung
§ Pengerjaan
Hitung Campuran
§ Faktorisasi
Prima untuk menentukan FPB dan KPK
E. Metode Pembelajaran
games, diskusi
F. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan
ke 1
§ Kegiatan
Awal
-
Melakukan permainan berhitung
bilangan bulat dari 1-60 dengan cara zig zag.
§ Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
F Melakukan permainan
(games) mengenai bilangan bulat, diskusi, memberi contoh besaran sehari-hari
yang menggunakan bilangan positif dan negatif, serta menganalisis dan
menyimpulkan definisi bilangan bulat.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F Melakukan percobaan
dan observasi dengan menggunakan garis bilangan, pengamatan, analisis data dan
diskusi untuk dapat menentukan letak bilangan bulat dalam garis bilangan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
§
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru
mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
F Siswa diberi tugas
mengerjakan soal-soal latihan.
Pertemuan
ke 2
§ Kegiatan
Awal
-
Motivasi dan apersepsi
§ Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
F Memberikan contoh
besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan positif dan negatif.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F Melakukan diskusi
tentang contoh-contoh yang sudah dikemukakan oleh siswa.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
§
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru
mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
F Siswa diberi tugas
mengerjakan soal-soal latihan.
Pertemuan
ke 3
§ Kegiatan
Awal
-
Memberikan motivasi.
-
Melakukan tanya jawab dan
diskusi tentang materi sebelumnya.
§ Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
F Sifat-sifat operasi
hitung termasuk operasi campuran, FPB, dan
KPK
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan percobaan,
diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
§
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Memberikan soal
latihan untuk lebih memantapkan keterampilan siswa.
F Merefleksi proses dan
hasil belajar.
G. Alat/Sumber Belajar
§ Buku
Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
§ Matematika
SD untuk Kelas VI 6A Esis
§ Matematika
Progesif Teks Utama SD Kelas 6
H. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Melakukan
pekerjaan hitung campuran
o Mencari
Faktor Prima Suatu Bilangan
|
Tugas Indvidu
|
Laporan buku pekerjaan rumah
|
o Coba kalian
simpulkan definisi bilangan bulat!
o Tuliskan 3
contoh kegiatan sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat!
o Tuliskan kegiatan kalian
selama satu hari yang melibatkan bilangan negatif!
o Carikanlah
Faktor Prima Suatu Bilangan
o 4.655 +
3.561 = ....
o 454 x 235 =
...
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
& Lembar Penilaian
No.
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor :
jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru
Mapel Matematika
SYAHIDAN,A.Ma CAHYO
WIBOWO,A.Md
NIP. 197906262007011035 NIP.
–
Tidak ada komentar:
Posting Komentar