RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah
Ibtidaiyah : SD / MI.........
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : I/1
Standar Kompetensi : Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : Merespon dengan mengulang kosakata baru
dengan ucapan lantang
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** :
- Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya dengan suara lantang
-
Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya
dengan pengucapan bahasa
Inggris yang benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani (
courage )
Metode Pembelajaran : - Siswa
bersama-sama mengulang dengan suara lantang kosakata- kosakata
baru
yang diucapkan atau didengar dari kaset/CD
- Masing-masing siswa mengulang dengan suara
lantang kosakata-kosakata
baru yang
diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
·
Guru
memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan topik bab yang dibahas.
·
Guru
bertanya pada siswa apakah mereka mengetahui nama-nama benda yang ada dalam
gambar.
2. Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau didengar
dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
&
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa
mengulang apa yang diucapkan
guru atau didengar dari kaset/CD secara kelompok dan individu.
F
Guru
memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada
pengucapan yang salah.
&
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
menunjuk setiap siswa secara acak untuk menyebutkan apa yang diucapkan guru
dengan lantang (kegiatan ini dilakukan dengan cepat).
F
Guru meminta siswa untuk mengulang kembali di
rumah pelajaran yang telah diberikan di kelas.
Alat/Sumber Belajar:
1.
Buku teks Let’s
Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
2. Gambar-gambar atau benda-benda yang
berkaitan dengan materi ajar
3. Rekaman kaset/CD
4. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§
Merespon dengan mengulang apa
yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan suara lantang
§
Merespon dengan mengulang apa
yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa
Inggris yang benar
|
Tes lisan
|
Merespon dengan mengulang
secara lisan
|
Listen to the words and repeat.
Guru : crayon
Murid : (mengulang dengan
ucapan lantang)
|
FORMAT KRITERIA
PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No.
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@
Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru
Mapel Bahasa Inggris
Mr y MR XXXX
010102 NIP. --
Tidak ada komentar:
Posting Komentar